• Review Buku : 64 Sahabat Teladan Utama



    Jannati, siapa disini yang suka baca shirah atau yang berhubungan dengan sejarah masa lampau? Bisa lho menghidupkan shirah dari rumah melalui buku 64 Sahabat Teladan Utama yang diterbitkan oleh Sygma Daya Insani ini. Shirah adalah salah satu cara pembelajaran dan teladan yang baik, terutama dimulai dari usia dini pada anak-anak. Buku ini salah satu rekomendasi terbaik supaya anak bisa mengenal sosok sahabat-sahabat yang hebat untuk dijadikan idola. Buku ini kemudian dikenal dengan sebutan  64 STU. 

    Awalnya saya melihat buku ini dari status seorang teman di media sosial, yang kebetulan menjual buku-buku islami bergizi. Pada saat itu ada diskon dari penerbit di akhir tahun, saya pun segera mengambil kesempatan ini. Ketika bukunya sampai, anak saya tidak sabar untuk membacanya. Yes, cukup mengalihkan mereka dari gadget. 

    Shirah tentang Rasulullah  SAW dan para sahabatnya selalu menarik untuk dibaca. Sygma Daya Insani banyak menerbitkan buku-buku shirah yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah buku 64 Sahabat Teladan utama ini. Buku ini dilengkapi dengan gambar,  hadits, dan kosa kata Bahasa Arab beserta artinya.

    Ada 14 buku dalam 1 paket 64 STU ini, beberapa diantaranya berbentuk komik sehingga dapat merangsang minat anak-anak untuk membaca. Buku ini bukan hanya bagus untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga sangat bermanfaat. Sebagai pengingat tentang shirah dan dapat menjadi media untuk lebih dekat dengan anak. Agar anak kita mencintai Allah, Rasul, dan para sahabatnya. 

    Paket 64 STU ini terdiri dari 14 judul yaitu :


    Yang berbentuk cerita disertai gambar :

    1 Khalifah Pertama : Abu Bakar Ash Shiddiq
    2 Singa Padang Pasir : Umar bin khattab
    3 Pemilik Dua Cahaya : Utsman bin Affan
    4 Singa Khaibar : Ali bin Abi Thalib
    5 Pembela Islam Ahli Surga : Thalhah bin Ubaidillah dan Zubair bin Awwam
    6 Pedagang Dermawan Ahli Surga
    7 Tetangga Rasulullah di Surga : Said bin Zaid dan Abu Ubaidah
    8 Para Pemimpin Bidadari Surga : Khadijah binti khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar Ash Shiddiq, Fatimah Az Zahra, Asma Binti Abu Bakar

    Sedangkan yang berbentuk komik :

    9.  Para Pemburu Surga : Mus'ab bin Umair, Salman Al farisi, Abu Dzar Al Ghiffari, Bilal bin Rabah, Abdullah bin Umar, Shuhaib, Mu'adz bin Jabal, Miqdad bin Amr dan Hamzah.

    10. Para Perindu Syahid : Abdullah bin Mas'ud, Hudzaifah Al Yaman, Ammar bin Yassir, Ubadah bin Shamit, Amr bin Al Ash, Khabbab bin Al Arat, Utsman bin Mazh'un, Zaid bin Haritsah, Ja'far bin Abi Thalib dan Abdullah bin Rawahah.

    11. Para Pahlawan Islam : Khalid bin Walid, Umair bin Wahb, Abu Darda, Zaid bin Khattab, Umair bin Sa'ad, Zaid bin Tsabit dan Khalid bin Sa'iq

    12. Para Pencari Hidayah : Abu Ayyub Al Anshari, Abbas, Abu Hurairah, Al Barra, Utbah bin Ghazwan, Tsabit bin Qais, Usaid bin Al Hudhair, Abdullah bin Ammar dan Amr bin Al Jamuh.

    13. Para Pembela Nabi : Ubay bin Ka'ab,  Saad bin Ubadah, Usamah bin Zaid, Abdullah bin Amr bin Ash, Abu Sufyan bin Harits, Imran bin Hushain dan Anas bin Malik masuk dalam sahabat pembela nabi. 

    14. Para Pecinta Kebenaran : Salamah bin Al Akwa, Abdullah bin Abbas, Abbad bin Bisyir, Suhail, Amr bin Ash, Abdullah bin Qais dan Salim. 

    Ada bonusnya juga lho... Apa aja sih bonusnya?
    • Puzzle berbentuk balok yang terdiri dari 6 gambar yang bisa dibolak balik
    • Peta sejarah kekuasaan Islam
    • Biografi singkat ilmuwan muslim

    Kelebihan 64 STU Versi Saya

    Bahasanya yang mengalir membuat kita ingin membacanya sampai akhir. Ada juga 6 buku yang berbentuk komik sehingga membuat anak-anak balita yang belum bisa membaca juga tertarik untuk membukanya. 

    Kelebihan buku ini kertasnya bagus, tidak mudah robek, hard cover disertai gambar dan ilustrasi menarik. Selain mengetahui kisah-kisah para sahabat yang dapat diteladani, kita disuguhkan dengan kutipan-kutipan hadits dan kosa kata Bahasa Arab beserta artinya. 

    Selesai aktivitas membaca buku, kita bisa bermain puzzle untuk mengasah otak dan kreativitas. Membaca merupakan jalan untuk membuka jendela dunia. Dengan membaca buku 64 STU ini dapat membuka cakrawala kita pada masa-masa yang dilalui para sahabat tersebut. Sehingga kita bis amenjadikannya teladan di masa sekarang.

    Jannati pastiny asetuju kan kalau kita sebagai manusia adalah makhluk pembelajar? Belajar dari pengalamani diri sendiri maupun melalui orang lain, terlebih para nabi dan para sahabat. Karenanya, shirah adalah pembelajaran yang baik. Sepertiga Al Qur'an berisi tentang kisah. Alangkah baiknya bila berkisah tentang sejarah nabi dan para sahabatnya. 

    Jika jannati ingin mengenalkan shirah kepada ananda dan melengkapi perpustakaan keluarga, buku ini bisa menjadi pilihan sekaligus investasi jangka panjang. Saya sudah membuktikannya.


    - The Jannah Institute -



    Kontributor : Syafrida Yunita
    Foto : dokpri
      

  • 1 comment:

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Alamat

    Jember, Jawa Timur, Indonesia

    Email

    thejannah.ins@gmail.comm
    prita.hw@gmail.com

    Mobile

    +6285 33 1470 887