• Public Speaking for Youth The Jannah Institute Jember, Mewadahi Energi Kaum Muda

    Public Speaking for Youth adalah salah satu program kelas yang dimiliki The Jannah Institute (TJI) untuk mewadahi kaum muda yang bergejolak. Energinya yang luar biasa tentu akan menjadi potential lost bila tidak bisa disalurkan dengan positif, bermanfaat, dan berkah tentunya. Kelas kali ini memang dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa Jember dan sekitarnya yang tertarik belajar lebih jauh tentang ilmu berbicara di depan umum atau ber-public speaking ria. 

    Setelah sukses mengadakan batch 1 yang diikuti 9 orang pelajar dan mahasiswa. Public Speaking for Youth batch 2 diikuti oleh 7 orang yang juga dari kalangan tak jauh berbeda. Mulai dari pelajar SMP, SMA, hingga mahasiswa.




    Sengaja, materi-materi Public Speaking for Youth dikemas tidak dalam sekali one day atau two day workshop, tetapi dalam konsep kelas yang terdiri dari 5 pertemuan. Jika batch 1 berdasarkan kesepakatan untuk menentukan jadwalnya, di batch 2 lebih ketat dengan menentukan waktu setiap Sabtu pagi setiap pekannya. Dan, alhamdulillah cara ini lebih efektif. Peserta belajar mengaku ketagihan dan dalam posisi on fire untuk mengaplikasikan ilmunya.

    Masih sama mbak. Dari pertemuan 1 dan 2, tetep nagih dan nagih. - Amelinda, mahasiswa FEB Unej, peserta belajar Public Speaking for Youth batch 2

    Apa Saja yang Dipelajari di 5 Pertemuan?

    Sesuai dengan ruh pembelajaran di TJI yang mengedepankan appreciative learning dalam tiap prosesnya, kelas-kelas fleksibel dilakukan di indoor maupun outdoor yang ditentukan bersama. Saya sendiri sebagai mentor juga berusaha untuk mengajak temen-temen peserta belajar untuk terlibat menentukan keputusan terbaik untuk mereka, sekaligus memastikan kenyamanan.

    Pertemuan 1 membahas tentang The Purpose of Public Speaking for Youth alias apa sih urgensi kaum muda belajar public speaking. Di pertemuan 1 ini semacam pondasi dari pertemuan-pertemuan selanjutnya. Peserta belajar akan diajak untuk menggali pengalaman paling berkesan saat tampil berbicara di depan umum sepanjang hidupnya, kemudian mengeluarkan ketakutan yang dihadapi saat berbicara di depan umum, sekaligus diajarkan metode selftalk sebagai bentuk "doktrin" positif pada diri sendiri.




    Pertemuan 2 biasanya memilih tempat outdoor karena semuanya diajak untuk melatih Voice Power & Intonation dengan mencoba nada suara rendah, sedang, dan tinggi. Kekuatan suara ini penting untuk memaksimalkan kekuatan terbaik dari tiap individu yang kadang kurang terasah. Selain itu, suara yang mumpuni juga akan memberikan efek pada rasa percaya diri ketika tampil.



    Sementara di pertemuan 3 agak sedikit berbeda antara batch 1 dan batch 2. Jika batch 1 menghadirkan Mas Nizar selaku announcer RRI Pro 2 Jember yang memiliki sifat introvert pada awalnya beserta bocoran-bocoran latihan pernafasan dan hikmah dari pengalamannya, di batch 2, saya mencoba mengajak peserta belajar lebih lepas berekspresi lewat Public Speaking for Marketing Skill.

    Saya ajak mereka untuk pitching atau semacam prospek kalau dalam bahasa marketing, yaitu berkomunikasi dengan tujuan mempengaruhi orang lain. Ini biasanya dipakai untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa kepada masyarakat secara face to face secara langsung. Kami berkumpul di hari Ahad pagi di CFD Jember.


    Di batch 2, ini adalah pengalaman yang paling seru dan masih mau diulang lagi, begitu kata mereka. Saat itu, mereka belajar bagaimana memperkenalkan diri, presentasi, hingga closing sesuai dengan tujuannya. Ada yang membawa produk sendiri seperti masker, kaldu non MSG, dan sisanya juga memperkenalkan TJI kepada khalayak Jember. Hasilnya luar biasa, ada yang diterima, ditolak, berelasi untuk dihubungi lebih lanjut terkait pemasaran program di kantor si customer, dan sebagainya.

    Pertemuan ke 4, barulah saya ajak untuk mengenal ragam profesi public speaker, salah satunya adalah announcer. Jadilah, hari itu, saya yang sejak Maret 2017 dipercaya mengampu program Literacy on Friday di Pro 2 Morning Show mengajak temen-temen untuk on air dan meet the announcer. Siapakah dia? Iyap, Mas md_putrawijaya yang selain music director juga dikenal sebagai MC dan moderator. Fresh lah hari itu, karena banyak yang pengalaman pertama memasuki studio 😆

    Kalau di batch 1, saya mengajak temen-temen berkunjung ke Texas English Course dan bertemu serta mengambil insight dari Mom Luci selaku owner Texas tentang Public Speaking in English khususnya untuk perkenalan diri. Karena dirasa di batch 2 ingin fokus untuk di Bahasa Indonesia, maka di batch 2 langsung praktek on air. 

    Pertemuan terakhir, ini nih yang paling seru dan sukses bikin deg-degan. Mereka harus tampil final perform di sebuah event kopdar The Jannah Institute (TJI) Community. Ada yang bertugas sebagai MC, moderator, dan fasilitator yang meng-handle jalannya ice breaking dan barter buku.

    Batch 1 bertemakan Writerpreneur menghadirkan saya sendiri dan video conference dengan penulis asal Malang, Miyosi Ariefiansyah yang juga partner saya menulis sejak 2010.

    Batch 2 sedikit berbeda, TJI menghadirkan topik ngobrol seru menyoal Generasi X, Y, dan Z yang masing-masing ada perwakilannya. O iya, ada Nadia dan Novi yang masih uduk di bangku SMA dan SMP yang memulai debut menjadi narasumber alias public speaker utamanya langsung 😍

    Alhamdulillah, baik kopdar pertama dan kedua berlangsung lancar dan semua peserta belajar sukses tampil memukau.



    "Jangan lelah untuk terus menyampaikan yang benar secara konten, dan juga disampaikan dengan cara yang baik. Semoga ilmunya bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari sampai jangka panjang", itu pesan saya di saat menyerahkan sertifikat sebagai tanda kelulusan semua peserta belajar.

    Tertarik untuk Ikut Kelas Public Speaking for Youth Berikutnya?

    Ada upaya untuk hasil yang terus diusahakan. Pun public speaking, bukanlah hal instan yang bisa dipelajari dalam semalam, sehari, atau dua hari. Ia membutuhkan pengulangan atau repetisi yang konsisten.

    Karena itu, The Jannah Institute (TJI) mengemasnya dalam 5 pertemuan yang fun dan hidup, juga penuh dengan praktek yang menantang. Semua itu cuma dengan investasi Rp. 250.000. Apalah arti investasi kecil ini dengan pengalaman yang akan temen-temen dapatkan. Mari belajar dan berkolaborasi!

    Hubungi :
    Siska - Marketing & Customer Relation
    081803661751



    - Wassalam, TJI -
  • 4 comments:

    1. Bersyukur bisa menjadi salah satu alumni dari kelas public speakingnya TJI, sungguh bisa dapat pengalaman yg baru, relasi baru dan pastinya ilmu yg insha'Allah bermanfaat

      ReplyDelete
    2. Wah keren hehehe tapi Jauh jember bikin sedihhh

      ReplyDelete
      Replies
      1. pas liburan khusus aja zah, sebulan setengah or 2 bln khusus buat kelas di Jember ini :) Anggep aja lagi kursus Inggris di Pare gitu :)

        Delete
    3. Bersyukur dapat bergabung di public speaking for youth batch 2,dapat pengalaman yang luar biasa, teman teman baru yang juga luar biasa dan tentunya ilmunya yang semoga akan bermanfaat ke depannya. Semoga TJI terus ada untuk mengajarkan ilmu dan menebarkan kebaikan hehe.

      ReplyDelete

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Alamat

    Jember, Jawa Timur, Indonesia

    Email

    thejannah.ins@gmail.comm
    prita.hw@gmail.com

    Mobile

    +6285 33 1470 887