• Ibu Rumah Tangga, Ibu Bekerja, dan Mompreneur Belajar Public Speaking, Seperti Apa?

    Ibu rumah tangga, ibu bekerja, dan mompreneur belajar public speaking, mungkin banyak orang yang kemudian memicingkan mata. Buat apa sih ibu-ibu belajar public speaking? Apakah ada dari jannati yang berpendapat semacam itu?

    Ga salah juga sih, memang ibu-ibu identik dengan memasak, mengurus anak, dan segala printilan rumah tangga yang sering dikira banyak orang berkutat pada "itu-itu saja". Hm, jangan salah, itu-itu sajanya itu memang lebih dari itu 😋 Urusan jadi bendahara rumah tangga, jadi ahli gizi, jadi koki terbaik, jadi psikolog handal, sampai orator ulung adalah serangkaian profesi yang melekat dengan skill khusus yang mestinya dimiliki seorang ibu.

    Tak peduli apakah si ibu pure ibu rumah tangga, ibu yang ikut mambantu penghasilan rumah tangga dengan bekerja, ataupun seorang mompreneur yang bekerja dari rumah.

    Public speaking sangat perlu dimiliki seorang ibu karena fungsi berbicara yang tak sekedar bicara. Apalagi emak-emak juga sering dituduh tempatnya bergosip ya. Ampun dah 😅 Tahu ga, kalau talking berbeda dengan speaking. Talking adalah berbicara secara bahasa, seperti bayi yang sudha bisa mengeluarkan beragam suara. Sedangkan speaking adalah seni berbicara. Sebenarnya, berbicara dengan seseorang saja atau sering disebut empat mata, sudah termasuk dalam kategori public speaking. 
    Lalu, bagaimana fungsi public speaking ini bisa berpengaruh dalam seni berbicara pada anak, suami, klien, customer, hingga publik?
    Nah, inilah yang dipelajari dalam 2 days workshop Public Speaking for Moms The Jannah Institute yang berbasis di Jember, Jawa Timur. 

    Public Speaking for Moms pertama kali diadakan pada Mei 2018, diikuti oleh sekitar 15 orang moms yang sangat bersemangat mengikuti proses 2 hari dalam sikon puasa Ramadhan, dan bertempat outdoor di Kampoeng Baca, Jalan Nusan Indah VI/7 Jember. Luar biasa!

    Beragam latar ikut mewarnai Public Speaking for Moms batch 1, mulai dari mompreneur yang mendukung suaminya berbisnis kopi, mompreneur yang berbisnis minuman susu, donat waluh, sampai seorang PNS, guru, pengusaha kafe, seorang leader di sebuah perusahaan distribusi, pengusaha wedding souvenir, karyawan swasta, semua melebur jadi satu.

    Bangga dan haru rasanya bisa menjadi wadah berkumpul ibu-ibu hebat. Suasana kekeluargaan pun langsung menyeruak, belajar seni berbicara pun mendadak menjadi lebih bersemangat.




    Respon yang positif itu pun akhirnya membuat banyak ibu dan perempuan di Jember lainnya penasaran dan menunggu-nunggu jadwal workshop selanjutnya.

    Akhirnya, The Jannah Institute kembali menggelar 2 days workshop Public Speaking for Moms pada November 2018. Cukup lama, karena schedule TJI yang sangat padat untuk kelas-kelas lainnya. Tapi, selepas ini, semoga bisa rutin setiap 3 bulan sekali minimal ya, jannati. Aamin.

    Berbeda dengan sebelumnya, batch 2 dibatasi hanya sampai 10 orang saja. Dan ternyata, 7 orang yang ditekdirkan Allah untuk ikut menimba ilmu. Dilaksanakan di NOG Resto, Perumahan Gunung Batu Permai, batch 2 yang diikuti oleh dosen, da'iyah, ibu rumah tangga yang sekaligus penyuluh Posyandu, ibu rumah tangga yang sekaligus menjadi pendamping suaminya kala bertugas sebagai polisi, PNS, guru, dan pengusaha home decoration ini juga tak kalah berkesan.





    Alhamdulillah, 2 days workshop Public Speaking for Moms berlangsung lancar dan berkesan as always 😍 . . 3-4 Nov, 7 org terpilih dr rencana 10 seat, yg ditakdirkan Allah utk menambah ilmu yg harapannya long lasting diaplikasikan kpn saja. Baik itu oleh yg ibu rmh tangga, mompreneur, da'iyah, dosen, guru, sesuai ragam profesi bunda2 kece yg kemaren hadir. . . Sesi hari pertama mengupas urgensi public speaking for moms berlangsung seru krn ada sesi mengingat pengalaman public speaking yg memorable, sesi mengeluarkan ketakutan yg dihadapi saat public speaking dan menghancurkannya bersama2, jg sesi selftalk positif ttg goals pasca workshop 😎 . . Hari kedua ga kalah seru. Ada sesi roleplay battle utk pemanasan special perform. Dan setelahnya ada nobar utk review video masing2. Seruu dan ga berasa. Mau tahu testimoni para moms yg diibaratkan dgn buah utk menggambarkan perasaan ikut 2 days workshop ini? Stay tune terus di TJI ya, jannati♡ . #publicspeakingjember #wearepublicspeaker #publicspeakingformoms #publicspeakerjember #perempuanjember #kelaspublicspeaking #vibrantmethods #appreciativelearning #thejannahinstitute
    A post shared by The Jannah Institute (@thejannah.ins) on

    Apa Saja yang Dipelajari di Public Speaking for Moms?

    Di hari pertama, moms akan diajak untuk menelusuri plusnya diri sendiri lewat pengalaman paling berkesan selama hidup dalam melakukan seni berbicara, appaun itu. Serunya, itu semua disampaikan lewat gambar bebas ala ilustrasi komik.

    Setelah unforgettable moment itu terungkap, langkah selanjutnya adalah mengungkapkan ketakutan-ketakutan yang masih mungkin dialami saat berbicara di depan umum. Ini berguna sebagai detoks. Seperti apa keseruannya? Hm, jannati harus menyaksikannya sendiri sih 😊

    Setelah itu, bersama-sama seluruh peserta, selftalk sebagai komitmen dan latihan mensugesti diri dengan sesuatu yang positif pun dilakukan.

    Di hari pertama itu, urgensi public speaking bagi seorang ibu dibahas tuntas, termasuk tips-tips powerfull public speaking. Di akhir sesi hari pertama, akan ada roleplay berkelompok dengan case yang berbeda-beda. Ada yang bagaimana memimpin rapat sebagai mompreneur, ada yang sedang berkomunikasi dengan anak, dan sebagainya.

    Apakah hari kedua bertambah seru?

    Pastinya! Sebab di hari kedua ini, masing-masing moms akan diberikan waktu untuk final perform, menampilkan apapun seni berbicara yang akan moms praktekkan. Kalau di batch 1 banyak yang berkisah soal hijrah, bisnis, dan bahkan semi curcol, di batch 2, tiap orang mengeksplorasi diri dengan menjadi sesuai profesinya. Ada yang penyuluh, ada yang sedang memberikan tausiyah, memberikan sambutan saat acara kantor, sampai berbagi tips tutorial tentang hobi dan komunitasnya. Seru!

    Ada sesi untuk review dengan menonton bersama video rekaman saat final perform. Sebagai bonus, Kak Prita HW sebagai mentor memberikan bocoran tentang tipe-tipe karakter orang yang dihadapi dalam keseharian dan bagaimana menarik perhatian karakter yang berbeda itu.

    Batch 3 nya kapan nih?

    Info serunya di poster ya moms. Hubungi CP untuk booking seat nya. Jangan sampai ketinggalan. Ibu-ibu belajar pubblic speaking, kenapa ga? 😍




    - Wassalam, TJI -



  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Alamat

    Jember, Jawa Timur, Indonesia

    Email

    thejannah.ins@gmail.comm
    prita.hw@gmail.com

    Mobile

    +6285 33 1470 887